A.Kota Baubau

       Kota Baubau adalah sebuah kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Baubau memperoleh status kota pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 13 Tahun 2001.
Secara geografis terletak di bagian selatan garis khatulistiwa di antara 5.21° – 5.33° Lintang Selatan dan di antara 122.30° – 122.47° Bujur Timur atau terletak di sebelah Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara.
Kota Baubau saat ini dipimpin oleh Walikota Drs. Drs. A.S. Tamrin, MH (2013-2018) dan Wakil Walikota Wa Ode Maasra Manarfa, S.Sos, MSi , dengan pusat pemerintahan di Kompleks Perkantoran Palagimata.

 

Keunikan Kota Baubau

Benteng Keraton Buton adalah bekas peninggalan Kesultanan Wolio/Buton dan biasa disebut Benteng Keraton Wolio.Dan merupakan salah satu keunikan dari kota baubau. Benteng Keraton ini juga masuk Guiness of Record tahun 2006 dan rekor MURI sebagai benteng terluas di dunia. Panjang keliling benteng tersebut 3 kilometer dengan tinggi rata-rata 4 meter dan lebar (tebal) 2 meter.Bangunannya terdiri atas susunan batu gunung bercampur kapur dengan bahan perekat dari agar-agar, sejenis rumput laut. Luas seluruh kompleks keraton yang dikitari benteng meliputi 401.911 meter persegi. Area yang demikian luas itu mengalahkan benteng terluas di dunia sebelumnya yang berada di Denmark.

Budaya Daerah

Tradisi pekandake-kandea dalam bahasa Wolio Buton memiliki arti makan-makan. Dahulu tradisi ini merupakan pesta menyambut pahlawan yang kembali membawa kemenangan setelahberperang. selain itu tradisi ini sebagai bentuk nyata rasa syukur kepada Tuhan setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan atau puasa syawal.Akan tetapi, tradisi ini juga merupakan media yang digunakan muda mudi Buton untuk mencari jodoh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *